wibiya widget


I made this widget at MyFlashFetish.com.

RSS

BERSEPEDA SELAMATKAN LINGKUNGAN

BERSEPEDA SELAMATKAN LINGKUNGAN

ABSTRAK
Udara bersih dan bebas polusi merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Manusia membuhtukan udara yang bersih, membutuhkan oksigen yang bersih tanpa tercemar dengan asap kendaraan yang dapat membahayakan bagi kesehatan mereka. Seiring perkembangan yang begitu pesat saat ini rasanya sulit untuk bisa menghirup udara yang bersih. Apalagi untuk orang yang hidup dikota besar, menghirup udara yang bersih bebas polusi hanya sebatas angan angan saja.

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Udara bersih dan bebas polusi yang kita idamkan nampaknya semakin jauh dari harapan. Udara kita telah tercemar oleh berbagai macam polusi yang terdapat di udara, baik dari kegiatan industri, maupun aktifitas lalu lintas atau transportasi sebagai penyumbang pulusi terbesar. Bukan hanya jumlah kendaraan bermotor yang kian meningkat pesat, tetapi juga banyak kendaraan yang tidak dirawat dengan baik, disamping kualitas bahan bakar yang masih mengandung timbel (pb), sehingga menghasilkan emisi yang dapat mengganggu kesehatan.
Walau penelitian mengenai manfaat bersepeda dengan memakai metode HEAT ini belum pernah dilakukan, namun jumlah pesepeda di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Satu hal yang perlu dicatat, pesepeda di kota-kota besar di Indonesia terancam oleh tingkat polusi udara yang sangat tinggi. Pastikan Anda menggunakan masker udara dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun untuk memaksimalkan manfaat dari pola transportasi aktif ini di Tanah Air.
B. RUMUSAN MASALAH
  1. Seberapa besar andil kendaraan bermotor, dalam menyumbangkan polusi udara ?
  2. Dampak apa saja yang ditimbulan dari berkendaraan bermotor dengan jarak dekat ?
  3. Apa manfaat bersepeda bagi lingkungan dan kesehatan kita ?


C. TUJUAN
Mengajak masyarakat untuk mulai peduli terhadap lingkungan menekan jumlah polusi, dengan bersepeda apabila bepergian.
Untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat akan dampak yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor.
D. MANFAAT PENULISAN
Untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan pembelajaran tentang manfaat serta keuntungan bersepeda untuk kesehatan dan lingkungan.
Dengan mengetahui manfaat bersepeda, seseorang akan mulai berfikir, dan beralih menggunakan sepeda dalam bepergian jarak dekat. Dan akan bermanfaat bagi lingkungan hidup disekitarnya, dengan berkurangnya jumlah polusi yang ada diudara.


BAB II
LANDASAN TEORI
  1. Kendaraan bermotor menimbulkan polusi udara dalam jumlah yang besar. Menurut EPA, di AS sendiri transportasi menyumbang hampir 80% emisi carbon monoksida dan 55% emisi nitrogen oksida. Tidak mengherankan jika banyak daerah di kota metropolitan tidak memenuhi standar udara yang bersih. Meskipun kendaraan pribadi yang ada sekarang lebih sedikit mengeluarkan polusi dibanding kendaraan produksi lama, namun jika jumlah penggunanya terus bertambah, kualitas udara secara keseluruhan juga akan menurun secara drastis. Setiap hari sepeda motor, mobil dan truk membakar jutaan barel minyak bumi, yang merupakan sumber energi yang tak terbarukan. Beralih dari kendaraan bermotor ke sepeda merupakan cara paling mudah dan langsung untuk mengurangi emisi gas buang dari sektor transportasi.
  2. Berbagai penelitian semakin menguatkan manfaat menggunakan sepeda terhadap kelestarian lingkungan. Sebuah publikasi dari Green Commuter menuliskan bahwa emisi kendaaran bermotor menyumbang 31% dari total karbon dioksida, 81% dari karbon monoksida dan 49 persen dari nitrogen oksida yang mengotori udara. Sebanyak 60% dari polusi akibat kendaraan bermotor dikeluarkan pada beberapa menit awal penggunaannya. Karena beberapa menit awal ini menciptakan tingkat emisi yang tinggi, maka rute jarak pendek dari mobil lebih banyak menimbulkan polusi per kilometernya bila dibandingkan dengan jarak yang jauh. Perjalanan pendek sejauh 4 mil menggunakan sepeda akan menghindarkan sekitar 15 pound polutan memenuhi udara yang kita hirup bersama.
  3. Bersepeda secara teratur (sebagai olahraga atau tujuan yang lain) membawa dampak positif terhadap kesehatan manusia dari semua tingkatan usia, termasuk di antaranya adalah: mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lainnya; biaya pemeliharaan kesehatan yang lebih rendah dan meningkatkan taraf hidup. Studi Bispebjerg University Hospital, Copenhagen, Belanda, mengungkap, pria yang mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi memiliki harapan hidup lima tahun lebih panjang dibandingkan mereka yang mengayuh sepeda secara lambat. Studi dilakukan selama 20 tahun terhadap 5.000 pria usia 21-90 tahun tanpa gangguan kesehatan, yang memiliki kebiasaan bersepeda rutin. Jika kayuhan berkecepatan tinggi meningkatkan harapan hidup lima tahun tiga bulan, kayuhan sedang meningkatkan harapan hidup dua tahun sembilan bulan. Sementara studi yang dilakukan terhadap wanita menunjukkan hasil berbeda. Wanita yang terbiasa mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi memiliki harapan hidup tiga tahun sembilan bulan lebih panjang dibandingkan mereka yang mengayuh pelan. Sedangkan kayuhan berkecepatan sedang meningkatkan harapan hidup sekitar dua tahun dua bulan. "Intensitas olahraga lebih penting daripada durasi, dan ini menjadi kunci kesehatan Anda," kata Dr Peter Schnohr, pemimpin studi, seperti dikutip dari Daily Mail.




BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Bersepeda secara teratur membawa dampak positif terhadap kesehatan manusia dari semua tingkatan usia, termasuk di antaranya adalah: mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lainnya. biaya pemeliharaan kesehatan yang lebih rendah dan meningkatkan taraf hidup. Bersepeda juga bermanfaat mengurangi jumlah polusi yang ada di bumi.
B. SARAN
Mulailah bersepeda untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Bersepedalah dengan aman, dan perlu diingat, bersepeda di kota-kota besar di Indonesia terancam oleh tingkat polusi udara yang sangat tinggi. Pastikan Anda menggunakan masker udara dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun untuk memaksimalkan manfaat dari pola transportasi aktif ini di Tanah Air.

DAFTAR PUSTAKA :







>

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Blue Wings - Working In Background